Pantai Tanjung Lesung

tanjung lesung

Kata ‘lesung’ mengingatkan kita pada senyum simpul manis di pipi. Nah, nama pantai Tanjung Lesung barangkali tepat diibaratkan kecantikan serupa. Pantai ini memang terlihat molek karena letak pantainya ibarat lesung pipi dimana daratandari pantainya menjorok ke laut ditaburi air pasir berkilau dan air jernih yang elok dipandang.

Indonesia beruntung dianugerahi banyak pantai dengan pemandangan memesona. Hampir di setiap daerah di Nusantara terdapat pantai indah baik yang sudah banyak tersohor maupun yang belum banyak dikenal. Salah satu pantai indah yang patut dikunjungi adalah Pantai Tajung Lesung di sebelah barat Pandeglang, tepatnya Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Apabila sebelumnya saat berkunjung ke Banten memilih Pantai Anyer atau Pantai Carita maka kali ini mengapa tidak Anda berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung. Di sini pemandangan pantainya tidak kalah memukau dengan air lautnya bak danau yang luas serta perbukitan yang tidak begitu curam.

Nama ‘tanjung lesung’ menurut penuturan masyarakat setempat berasal dari penamaan lokasi pantainya yang berupa daratan menjorok ke laut mirip ujung lesung, yaitu alat tradisional penumbuk padi. Pantai ini luasnya sekira 1.500 hektar dan resmi dibuka untuk umum sejak Januari 1998. Kini Pantai Tanjung Lesung dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Provinsi Banten.

Ketika berada di pantai ini Anda akan merasa seperti berada di Bali karena pantainya memang mirip di Pulau Dewata. Hamparan pasir pantainya yang landai mencapai 15 kilometer memberi cukup ruang kepada pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan bersenang-senang, mulai dari bermain pasir, berjemur, atau berolahraga.

tanjung lesung

Selain kawasan pantainya yang masih bersih dan alami, Pantai Tanjung Lesung juga menawarkan hamparan pasir putih bak permadani. Berjalan di atasnya ditemani semilir angin sepoi merupakan kenikmatan tersendiri. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga memungkinkan Anda untuk berenang, bermain jetski, snorkeling, naik perahu, ataupun memancing.

Kawasan Pantai Tanjung Lesung sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbulan madu. Suasanya tenang dengan balutan pemandangannya alam yang romantis. Berjalan di pinggir pantai saat sore hari bersama pasangan sambil bergandengan tangan dan mendengarkan deburan ombak akan sangat indah dan menjadi kenangan berkesan dan romantis.

Pantai Tanjung Lesung juga cocok untuk wisata keluarga. Anda dapat mengajak anggota keluarga untuk berwisata di pantai ini. Anak Anda pasti senang berenang dan bermain pasir di pinggir pantai sembari Anda mengabadikan momen tersebut dengan kamera.

Bagi pecinta Alam, Anda bisa menikmati kekayaan hayati dan pesona alam bawah laut pantai ini. Menyelam merupakan kesempatan untuk menyaksikan indahnya terumbu karang, ubur-ubur, siput kecil yang terlihat malu-malu bersembunyi di balik terumbu karang, serta berbagai jenis ikan yang bermain kejar-kejaran dan sesekali datang menghampiri. Anda juga bisa belajar cara mentransplantasikan terumbu karang di lokasi konservasi yang ada di tengah lautnya.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini diantaranya adalah: information center, lifeguard, money changer, parkir area, banana boat, glass bottom boat, snorkeling, kayak sea, mini golf, pool, fishing pool, park, shelter, children playing area, dan lainnya.

Harga tiket masuk ke kawasan Pantai Tanjung Lesung adalah berikut ini.

  • Masuk pantai Rp 15.000
  • Parkir Mobil Rp 8.000
  • Parkir Motor Rp 4.000

Akomodasi

Di Pantai Tanjung Lesung tersedia penginapan dengan berbagai variasi dan tipe, baik itu hotel, villa, resort, ataupun home stay dengan beragam harga. Untuk home stay tarifnya sekira Rp100.000,- per malam, sedangkan di vila, hotel, maupun resor tarifnya Rp500.000,- hingga Rp2 juta per malamnya. Berikut ini beberapa referensi untuk Anda.

Kalicaa Villa
Jl. Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten Indonesia
Telp:  (0253) 881771
Email: marketing@kalicaavilla.com
Website: www.kalicaavilla.com

Tanjung Lesung Bay Villas Hotels & Resort
Jl. Tanjung lesung kavR 14 A pandeglang
Telp: Phone : +62 253 802 900
Fax : +62 253 802 891
Email : resort@tanjunglesungbayvillas.com

Kuliner

Kuliner khas di sini tentunya makanan bercita rasa hidangan laut. Tersedia beragam warung, rumah makan, dan restoran yang menyediakan menu tersebut.

Setiap Sabtu malam, di sepanjang pantainya, rumah makan dan restoran menyediakan hidangan laut segar bernama barbekyu.

Berbelanja

Di Pantai Tanjung Lesung, Anda dapat berbelanja kerajinan tangan dan berbagai oleh-oleh nuansa pantai karena tersedia toko penjualnya.

Transportasi

Menuju lokasi pantai Anda akan melalui jalan provinsi yang mulus dan jaringan telekomunikasi pun mencukupi. Jakarta-Pantai Tanjung Lesung berjarak sekitar 160 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2,5-3 jam perjalanan dengan menggunakan bus atau kendaraan pribadi.

Untuk menuju lokasi Pantai Tanjung Lesung maka Anda bisa mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak. Berikutnya keluar melalui pintu Gerbang Tol Serang Timur. Setelah melewati Kota Serang, lanjutkan perjalanan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan hingga berakhir di Pantai Tanjung Lesung.

Pilihan rute yang lain adalah setelah mengambil rute jalan tol Jakarta-Merak maka keluarlah melalui Gerbang Tol Cilegon. Lanjutkan perjalanan menyusuri pesisir Anyer-Carita hingga ke arah Labuan dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung.

Anda dapat menggunakan kendaraan umum untuk menuju pantai Tanjung Lesung dengan bus ke arah Terminal Labuan. Berikutnya lanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju lokasi pantai Tanjung Lesung.

Tips

Fasilitas di Pantai Tanjung Lesung terbilang lengkap sehingga membuat Anda tidak akan kesulitan menikmati liburan. Jaringan listrik dan sarana air bersih juga cukup memadai. Manfaatkan beragam fasilitas di sekitar pantai ini, yaitu: informasi pariwisata, penjaga pantai, money changer, dan area parkir yang luas dan aman.

Untuk aktivitas bersenang-senang Anda dapat menyewa banana boat, glass bottom boat, snorkling, sea kayak, lapangan golf mini, kolam renang, kolam pemancingan, taman, shelter-shelter, kios wartel, arena bermain anak-anak, penyewaan perahu dan speedboat, serta toko cenderamata untuk membeli oleh-oleh.

2 thoughts on “Pantai Tanjung Lesung

  1. Pingback: Menikmati Liburan di Pantai Carita | Banten

Leave a Comments