Masjid Kenari Banten

Masjid ini terletak di Kampung Kenari kecamatan Kasemen,Kabupaten Serang, Propinsi Banten. Masjid Kenari bisa ditempuh dengan jarak, 6 km dari Kota Serang atau sekitar 3 km dari Mesjid Agung Banten. Detail Bangunan Masjid Kenari Kasunyatan adalah sebuah nama perkampungan selatan.

Kira-kira 50 m dari keraton Kaibon dari beberapa hasil penelitian masjid Kasunyatan diperkirakan berdiri antara tahun 1552 – 1570 yakni masa pemerintahan Maulana Yusuf bekerja sama dengan tokoh masyarakat (ulama) yang sangat berperan pada masa itu yaitu Syekh Abdul Syukur. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya makam beliau didalam cungkup di kompleks mesjid, yang oleh masyarakat setempat sangat dihormati dan dikeramatkan.

Masjid Kasunyatan ini pernah di pugar pada tahun 1932 oleh Bupati Serang pada masa pemerintahan Hindia Belanda yang bernama RTA Soerianata Adnadja. Bentuk gapura ini dibentuk dari batu bata yang ditumpuk sedemikin rupa dengan memakai semacam perekat khusus sehingga gapura tersebut sangat kuat dan mempesona. Di utara masjid terdapat komplek pemakaman Sultan Abdul Mafakhir Mahmud Abdul Kadir Sultan Banten keempat, Sultan Abdul Mauli Achmad dan beberapa makam para pahlawan Islam Banten. Sampai sekarang keadaan masjid tetap terpelihara.

Tags: , , ,

Leave a Comments